Syeikh Abdul Qodir Jaelani (bernama
lengkap Muhy al-Din Abu Muhammad Abdul Qodir ibn Abi Shalih Zango Dost
al-Jaelani) lahir di Jailan atau Kailan tahun 470 H/1077 M, sehingga diakhir
nama beliau ditambahkan kata Al Jailani atau Al Kailani atau juga Al
Jiliydan.(Biaografi beliau dimuat dalam Kitab Adz Dzail ‘Ala Thabaqil Hanabilah
I/301-390, nomor 134, karya Imam Ibnu Rajab Al Hambali). Beliau wafat pada hari
Sabtu malam, setelah maghrib, pada tanggal 9 Rabi’ul Akhir di daerah Babul
Azajwafat di Baghdad pada 561 H/1166 M.
Dalam usia 8 tahun ia sudah
meninggalkan Jilan menuju Baghdad pada tahun 488 H/1095 M. Karena tidak
diterima belajar di Madrasah Nizhamiyah Baghdad, yang waktu itu dipimpin Ahmad
al-Ghazali, yang menggantikan saudaranya Abu Hamid al-Ghazali.
Masa Muda
Beliau meninggalkan tanah kelahiran,
dan merantau ke Baghdad pada saat beliau masih muda. Di Baghdad belajar kepada
beberapa orang ulama’ seperti Ibnu Aqil, Abul Khatthat, Abul Husein Al Farra’
dan juga Abu Sa’ad Al Muharrimi. Beliau belajar sehingga mampu menguasai
ilmu-ilmu ushul dan juga perbedaan-perbedaan pendapat para ulama’. Suatu ketika
Abu Sa’ad Al Mukharrimi membangun sekolah kecil-kecilan di daerah yang bernama
Babul Azaj. Pengelolaan sekolah ini diserahkan sepenuhnya kepada Syeikh Abdul
Qadir Al Jailani. Beliau mengelola sekolah ini dengan sungguh-sungguh. Bermukim
disana sambil memberikan nasehat kepada orang-orang yang ada tersebut. Banyak
sudah orang yang bertaubat setelah mendengar nasehat beliau. Banyak orang yang
bersimpati kepada beliau, lalu datang ke sekolah beliau, sehingga sekolah itu
tidak muat menampungnya.
Murid-murid beliau banyak yang
menjadi ulama’ terkenal. Seperti Al Hafidz Abdul Ghani yang menyusun kitab
Umdatul Ahkam Fi Kalami Khairil Anam. Juga Syeikh Qudamah penyusun kitab fiqh
terkenal Al Mughni.
Perkataan ulama tentang beliau :
Syeikh Ibnu Qudamah rahimahullah ketika ditanya tentang Syeikh Abdul Qadir,
beliau menjawab, ” kami sempat berjumpa dengan beliau di akhir masa
kehidupannya. Beliau menempatkan kami di sekolahnya. Beliau sangat perhatian
terhadap kami. Kadang beliau mengutus putra beliau yang bernama Yahya untuk
menyalakan lampu buat kami. Beliau senantiasa menjadi imam dalam shalat
fardhu.”
Syeikh Ibnu Qudamah sempat tinggal
bersama beliau selama satu bulan sembilan hari. Kesempatan ini digunakan untuk
belajar kepada Syeikh Abdul Qadir Al Jailani sampai beliau meninggal dunia.
(Siyar A’lamin NubalaXX/442). Beliau adalah seorang ‘alim. Beraqidah Ahlu
Sunnah, mengikuti jalan Salafush Shalih. Dikenal banyak memiliki
karamah-karamah. Tetapi banyak (pula) orang yang membuat-buat kedustaan atas
nama beliau. Kedustaan itu baik berupa kisah-kisah, perkataan-perkataan,
ajaran-ajaran, “thariqah” yang berbeda dengan jalan Rasulullah, para
sahabatnya, dan lainnya. Diantaranya dapat diketahui dari perkataan Imam Ibnu
Rajab, ”
Syeikh Abdul Qadir Al Jailani adalah
seorang yang diagungkan pada masanya. Diagungkan oleh banyak para syeikh, baik
‘ulama dan para ahli zuhud. Beliau banyak memiliki keutamaan dan karamah.
Tetapi ada seorang yang bernama Al Muqri’ Abul Hasan Asy Syathnufi Al Mishri
(Nama lengkapnya adalah Ali Ibnu Yusuf bin Jarir Al Lakh-mi Asy Syath-Nufi.
Lahir di Kairo tahun 640 H, meninggal tahun 713 H. Dia dituduh berdusta dan tidak
bertemu dengan Syeikh Abdul Qadir Al Jailani) mengumpulkan kisah-kisah dan
keutamaan-keutamaan Syeikh Abdul Qadir Al Jailani dalam tiga jilid kitab. Dia
telah menulis perkara-perkara yang aneh dan besar (kebohongannya ). Cukuplah
seorang itu berdusta, jika dia menceritakan yang dia dengar. Aku telah melihat
sebagian kitab ini, tetapi hatiku tidak tentram untuk berpegang dengannya,
sehingga aku tidak meriwayatkan apa yang ada di dalamnya. Kecuali kisah-kisah
yang telah masyhur dan terkenal dari selain kitab ini. Karena kitab ini banyak
berisi riwayat dari orang-orang yang tidak dikenal. Juga terdapat
perkara-perkara yang jauh ( dari agama dan akal ), kesesatan-kesesatan,
dakwaan-dakwaan dan perkataan yang batil tidak berbatas. (Seperti kisah Syeikh
Abdul Qadir menghidupkan ayam yang telah mati, dan sebagainya.) semua itu tidak
pantas dinisbatkan kepada Syeikh Abdul Qadir Al Jailani rahimahullah. Kemudian
aku dapatkan bahwa Al Kamal Ja’far Al Adfwi (Nama lengkapnya ialah Ja’far bin
Tsa’lab bin Ja’far bin Ali bin Muthahhar bin Naufal Al Adfawi. Seoarang ‘ulama
bermadzhab Syafi’i. Dilahirkan pada pertengahan bulan Sya’ban tahun 685 H.
Wafat tahun 748 H di Kairo.
Biografi beliau dimuat oleh Al Hafidz di dalam
kitab Ad Durarul Kaminah, biografi nomor 1452.) telah menyebutkan, bahwa Asy
Syath-nufi sendiri tertuduh berdusta atas kisah-kisah yang diriwayatkannya
dalam kitab ini.”(Dinukil dari kitab At Tashawwuf Fii Mizanil Bahtsi Wat
Tahqiq, hal. 509, karya Syeikh Abdul Qadir bin Habibullah As Sindi, Penerbit
Darul Manar, Cet. II, 8 Dzulqa’dah 1415 H / 8 April 1995 M.). Imam Ibnu Rajab
juga berkata, ” Syeikh Abdul Qadir Al Jailani rahimahullah memiliki pemahaman
yang bagus dalam masalah tauhid, sifat-sifat Allah, takdir, dan ilmu-ilmu
ma’rifat yang sesuai dengan sunnah. Beliau memiliki kitab Al Ghunyah Li Thalibi
Thariqil Haq, kitab yang terkenal. Beliau juga mempunyai kitab Futuhul Ghaib.
Murid-muridnya mengumpulkan perkara-perkara yang berkaitan dengan nasehat dari
majelis-majelis beliau. Dalam masalah-masalah sifat, takdir dan lainnya, ia
berpegang dengan sunnah. Beliau membantah dengan keras terhadap orang-orang
yang menyelisihi sunnah.”
Syeikh Abdul Qadir Al Jailani
menyatakan dalam kitabnya, Al Ghunyah, ” Dia (Allah ) di arah atas, berada
diatas ‘arsyNya, meliputi seluruh kerajaanNya. IlmuNya meliputi segala
sesuatu.” Kemudian beliau menyebutkan ayat-ayat dan hadist-hadist, lalu berkata
” Sepantasnya menetapkan sifat istiwa’ ( Allah berada diatas ‘arsyNya ) tanpa
takwil ( menyimpangkan kepada makna lain ). Dan hal itu merupakan istiwa’ dzat
Allah diatas arsy.” (At Tashawwuf Fii Mizanil Bahtsi Wat Tahqiq, hal. 515). Ali
bin Idris pernah bertanya kepada Syeikh Abdul Qadir Al Jailani, ” Wahai tuanku,
apakah Allah memiliki wali (kekasih ) yang tidak berada di atas aqidah ( Imam )
Ahmad bin Hambal?” Maka beliau menjawab, ” Tidak pernah ada dan tidak akan
ada.”( At Tashawwuf Fii Mizanil Bahtsi Wat Tahqiq, hal. 516).
Perkataan Syeikh Abdul Qadir Al
Jailani tersebut juga dinukilkan oleh Syeikhul Islam Ibnu Taimiyah dalam kitab
Al Istiqamah I/86. Semua itu menunjukkan kelurusan aqidahnya dan penghormatan
beliau terhadap manhaj Salaf.
Sam’ani berkata, ” Syeikh Abdul
Qadir Al Jailani adalah penduduk kota Jailan. Beliau seorang Imam bermadzhab
Hambali. Menjadi guru besar madzhab ini pada masa hidup beliau.” Imam Adz
Dzahabi menyebutkan biografi Syeikh Abdul Qadir Al Jailani dalam Siyar A’lamin
Nubala, dan menukilkan perkataan Syeikh sebagai berikut,”Lebih dari lima ratus
orang masuk Islam lewat tanganku, dan lebih dari seratus ribu orang telah
bertaubat.”
Imam Adz Dzahabi menukilkan
perkataan-perkataan dan perbuatan-perbuatan Syeikh Abdul Qadir yang aneh-aneh
sehingga memberikan kesan seakan-akan beliau mengetahui hal-hal yang ghaib.
Kemudian mengakhiri perkataan, ”Intinya Syeikh Abdul Qadir memiliki kedudukan
yang agung. Tetapi terdapat kritikan-kritikan terhadap sebagian perkataannya
dan Allah menjanjikan (ampunan atas kesalahan-kesalahan orang beriman ). Namun
sebagian perkataannya merupakan kedustaan atas nama beliau.”( Siyar XX/451 ).
Imam Adz Dzahabi juga berkata, ” Tidak ada seorangpun para kibar masyasyeikh
yang riwayat hidup dan karamahnya lebih banyak kisah hikayat, selain Syeikh
Abdul Qadir Al Jailani, dan banyak diantara riwayat-riwayat itu yang tidak
benar bahkan ada yang mustahil terjadi“.
Syeikh Rabi’ bin Hadi Al Madkhali
berkata dalam kitabnya, Al Haddul Fashil,hal.136, ” Aku telah mendapatkan
aqidah beliau ( Syeikh Abdul Qadir Al Jailani ) didalam kitabnya yang bernama
Al Ghunyah. (Lihat kitab Al-Ghunyah I/83-94) Maka aku mengetahui bahwa dia
sebagai seorang Salafi. Beliau menetapkan nama-nama dan sifat-sifat Allah dan
aqidah-aqidah lainnya di atas manhaj Salaf. Beliau juga membantah
kelompok-kelompok Syi’ah, Rafidhah,Jahmiyyah, Jabariyyah, Salimiyah, dan
kelompok lainnya dengan manhaj Salaf.” (At Tashawwuf Fii Mizanil Bahtsi Wat
Tahqiq, hal. 509, karya Syeikh Abdul Qadir bin Habibullah As Sindi, Penerbit
Darul Manar, Cet. II, 8 Dzulqa’dah 1415 H / 8 April 1995 M.)
Inilah tentang beliau secara
ringkas. Seorang ‘alim Salafi, Sunni, tetapi banyak orang yang menyanjung dan
membuat kedustaan atas nama beliau. Sedangkan beliau berlepas diri dari semua
kebohongan itu. Wallahu a’lam bishshawwab.
Kesimpulannya beliau adalah seorang
‘ulama besar. Apabila sekarang ini banyak kaum muslimin
menyanjung-nyanjungnya dan mencintainya, maka itu adalah suatu kewajaran.
Bahkan suatu keharusan. Akan tetapi kalau meninggi-ninggikan derajat beliau di
atas Rasulullah shollallahu’alaihi wasalam, maka hal ini merupakan kekeliruan
yang fatal. Karena Rasulullah shollallahu ‘alaihi wasalam adalah rasul yang
paling mulia diantara para nabi dan rasul. Derajatnya tidak akan terkalahkan
disisi Allah oleh manusia manapun. Adapun sebagian kaum muslimin yang
menjadikan Syeikh Abdul Qadir Al Jailani sebagai wasilah ( perantara ) dalam
do’a mereka, berkeyakinan bahwa do’a seseorang tidak akan dikabulkan oleh
Allah, kecuali dengan perantaranya.
Jadi sudah menjadi keharusan bagi
setiap muslim untuk memperlakukan para ‘ulama dengan sebaik mungkin, namun
tetap dalam batas-batas yang telah ditetapkan syari’ah.
Pada tahun 521 H/1127 M, dia
mengajar dan berfatwa dalam semua madzhab pada masyarakat sampai dikenal
masyarakat luas. Selama 25 tahun Abdul Qadir Jaelani menghabiskan waktunya
sebagai pengembara sufi di Padang Pasir Iraq dan akhirnya dikenal oleh dunia
sebagai tokoh sufi besar dunia Islam. Selain itu dia memimpin madrasah dan
ribath di Baghdad yang didirikan sejak 521 H sampai wafatnya di tahun 561 H.
Madrasah itu tetap bertahan dengan dipimpin anaknya Abdul Wahab (552-593
H/1151-1196 M), diteruskan anaknya Abdul Salam (611 H/1214 M). Juga dipimpin
anak kedua Abdul Qadir Jaelani, Abdul Razaq (528-603 H/1134-1206 M), sampai
hancurnya Baghdad pada tahun 656 H/1258 M.
Syeikh Abdul Qadir Jaelani juga
dikenal sebagai pendiri sekaligus penyebar salah satu tarekat terbesar didunia
bernama Tarekat Qodiriyah.
Awal Kemasyhuran Al-Jaba’I berkata
bahwa Syaikh Abdul Qadir Al-Jailani juga berkata kepadanya, “tidur dan bangunku
sudah diatur. Pada suatu saat, dalam dadaku timbul keinginan yang kuat untuk
berbicara. Begitu kuatnya sampai aku merasa tercekik jika tidak berbicara. Dan
ketika berbicara, aku tidak dapat menghentikannya. Pada saat itu ada dua atau
tiga orang yang mendengarkan perkataanku. Kemudian mereka mengabarkan apa yang
aku ucapkan kepada orang-orang, dan merekapun berduyun-duyun mendatangiku di
masjid Bab Al-Halbah. Karena tidak memungkinkan lagi, aku dipindahkan ke tengah
kota dan dikelilingi dengan lampu. Orang-orang tetap datang di malam hari dan
memakai lilin dan obor dan memenuhi tempat tersebut. Kemudian aku dibawa keluar
kota dan ditempatkan di sebuah mushalla. Namun orang-orang tetap datang
kepadaku, dengan mengendarai kuda, unta bahkan keledai dan menempati tempat
disekelilingku. Saat itu hadir sekitar 70 orang para wali RadhiAllahu anhum.
Kemudian Syaikh Abdul Qadir
melanjutkan, “Aku melihat Rasululloh SAW sebelum dzuhur, beliau berkata
kepadaku, ’anakku, mengapa engkau tidak berbicara ?’. ’Ayahku, bagaimana aku
yang non arab ini berbicara di depan orang-orang fasih dari Baghdad?’. Beliau
berkata, ’buka mulutmu’, lalu beliau meniup 7 kali ke dalam mulutku kemudian
berkata, ”bicaralah dan ajak mereka ke jalan Allah dengan hikmah dan peringatan
yang baik”. Setelah itu aku shalat dzuhur dan duduk dan mendapati jumlah yang
sangat luar biasa banyaknya sehingga membuatku gemetar. Kemudian aku melihat
Ali r.a. datang dan berkata, ’buka mulutmu’. Beliau lalau meniup 6 kali kedalam
mulutku dan ketika aku bertanya kepadanya mengapa beliau tidak meniup 7 kali
seperti yang dilakukan Rasululloh SAW, beliau menjawab bahwa beliau melakukan
itu karena rasa hormat beliau kepada RasuluLloh SAW. Kemudian akku berkata,
’Pikiran, sang penyelam, mencari mutiara ma’rifah dengan menyelami laut hati,
mencampakkannya ke pantai dada , dilelang oleh lidah sang calo, kemudian dibeli
dengan permata ketaatan dalam rumah yang diizinkan Allah untuk diangkat’”.
Beliau kemudian menyitir : Idan untuk wanita seperti Laila
seorang pria dapat membunuh dirinya, dan menjadikan maut dan siksaan sebagai
sesuatu yang manis
Dalam beberapa manuskrip saya
mendapatkan Syaikh Abdul Qadir Al-Jailani berkata, ”Sebuah suara berkata
kepadaku saat aku berada di pengasingan diri, ‘kembali ke Baghdad dan
ceramahilah orang-orang’. Akupun masuk Baghdad dan menemukan para penduduknya
dalam kondisi yang tidak aku sukai dan karena itulah aku tidak jadi mengikuti
mereka’. ‘sesungguhnya’ kata suara tersebut ,’mereka akan mendapatkan manfaat
dari keberadaan dirimu’.
‘Apa hubungan mereka dengan
keselamatan agamaku / keyakinanku’ tanyaku.
‘Kembali (ke Baghdad) dan engkau
akan mendapatkan keselamatan agamamu’ jawab suara itu. Akupun menbuat 70 perjanjian dengan
Allah. Diantaranya adalah tidak ada seorangpun yang menentangku dan tidak ada
seorang muridku yang meninggal kecuali dalam keadaan bertaubat. Setelah itu,
aku kembali ke Baghdad dan mulai berceramah. Suatu ketika saat aku berceramah ,
aku melihat sebuah cahaya terang benderang mendatangi aku. ‘Apa ini dan ada
apa?’tanyaku. ‘Rasululloh SAW akan datang menemuimu untuk memberikan selamat’
jawab sebuah suara. Sinar tersebut makin membesar dan aku mulai masuk dalam
kondisi spiritual yang membuatku setengah sadar. Lalu aku melihat RasuLulloh
SAW di depan mimbar, mengambang di udara dan memanggilku, ’wahai Abdul Qadir’.
Begitu gembiranya aku dengan kedatangan RasuluLloh SAW , aku melangkah naik ke
udara menghampirinya. Beliau meniup ke dalam mulutku 7 kali. Kemudian Ali
datang dan meniup ke dalam mulutku 3 kali. ’mengapa engkau tidak melakukan
seperti yang dilakukan RasuluLloh SAW?’ tanyaku kepadanya. ‘sebagai rasa
hormatku kepada Rasulullah SAW‘ jawab beliau.
RasuluLlah SAW kemudian memakaikan
jubah kehormatan kepadaku. ‘apa ini ?’ tanyaku. ‘ini’ jawab Rasulullah, ’adalah
jubah kewalianmu dan dikhususkan kepada orang-orang yang mendapat derajad Qutb
dalam jenjang kewalian’. Setelah itu , akupun tercerahkan dan mulai berceramah.
Saat Khidir as. Datang hendak
mengujiku dengan ujian yang diberikan kepada para wali sebelumku, Allah
membukakan rahasianya dan apa yang akan di katakannya kepadaku. Aku berkata
kepadanya, ”Wahai Khidir, apabila engkau berkata kepadaku ’Engkau tidak akan
sabar kepadaku’, maka aku akan berkata kepadamu ‘Engkau tidak akan sabar
kepadaku’. Wahai Khidir, Engkau termasuk golongan Israel sedangkan aku termasuk
golongan Muhammad, maka inilah aku dan engkau. Aku dan engkau seperti sebuah
bola dan lapangan, yang ini Muhammad dan yang ini Ar-Rahman, ini kuda
berpelana, busur terentang dan pedang terhunus.” Al-Khattab pelayan Syaikh
Abdul QAdir meriwayatkan bahwa suatu hari ketika beliau sedang berceramah
tiba-tiba beliau berjalan naik ke udara dan berkata, “Hai orang Israel,
dengarkan apa yang dikatakan oleh kaum Muhammad” lalu kembali ke tempatnya.
Saat ditanya mengenai hal tersebut beliau menjawab, ”Tadi Abu Abbas Al-Khidir
as lewat, maka akupun berbicara kepadanya seperti yang kalian dengar tadi dan
ia berhenti”.
Guru dan teladan kita Syaikh Abdul
Qadir Al-Jilli berkata,” seorang Syaikh tidak dapat dikatakan mencapai puncak
spiritual kecuali apabila karakter berikut ini telah mendarah daging dalam
dirinya yaitu :
Dua
karakter dari Allah yaitu dia menjadi seorang yang Sattar (menutup aib) dan
Ghaffar (Maha pemaaf).
Dua
karakter dari RasuluLlah SAW yaitu penyayang dan lembut
Dua
karakter dari Abu Bakar yaitu jujur dan dapat dipercaya.
Dua
karakter dari Umar yaitu amar ma’ruf nahi munkar
Dua
karakter dari Utsman yaitu dermawan dan bangun (tahajjud) pada waktu orang lain
sedang tidur.
Dua
karakter dari Ali yaitu aalim (cerdas/intelek) dan pemberani.
Masih berkenaan dengan pembicaraan
di atas dalam bait syair yang dinisbatkan kepada beliau dikatakan :
Bila lima
perkara tidak terdapat dalam diri seorang syaikh maka ia adalah Dajjal yang
mengajak kepada kesesatan. Dia harus sangat mengetahui
hukum-hukum syariat dzahir, mencari ilmu hakikah dari sumbernya, hormat dan
ramah kepada tamu, lemah lembut kepada si miskin, mengawasi para muridnya
sedang ia selalu merasa diawasi oleh Allah
Syaikh Abdul Qadir juga menyatakan
bahwa Syaikh Al-Junaid mengajarkan standar Al-Qur’an dan Sunnah kepada kita
untuk menilai seorang Syaikh. Apabila ia tidak hapal Al-Qur’an, tidak menulis
dan menghapal Hadits, maka dia tidak pantas untuk diikuti.
Menurut saya (penulis buku) yang
harus dimiliki seorang Syaikh ketika mendidik seseorang adalah dia menerima si
murid untuk Allah, bukan untuk dirinya atau alasan lainnya. selalu menasihati
muridnya, mengawasi muridnya dengan pandangan kasih. Lemah lembut kepada
muridnya saat sang murid tidak mampu menyelesaikan Riyadhah. Dia juga harus
mendidik si murid bagaikan anak sendiri dan orang tua penuh dengan kasih dan
kelemah lembutan dalam mendidik anakknya. Oleh karena itu dia selalu memberikan
yang paling mudah kepada si murid dan tidak membebaninya dengan sesuatu yang
tidak mampu dilakukannya. Dan setelah sang muuriid bersumpah untuk bertobat dan
selalu taat kepada Allah baru sang syaikh memberikan yang lebih berat
kepadanya. Sesungguhnya bai’at bersumber dari hadits RasuluLlah SAW ketika
beliau mengambil bai’at para sahabatnya.
Kemudian dia harus mentalqin si murid
dengan zikir lengkap dengan silsilahnya. Sesungguhnya Ali ra. Bertanya kepada
RasuluLloh SAW, ‘Yaa Rasulullah, jalan manakah yang terdekat untuk sampai
kepada Allah, paling mudah bagi hambanya dan paling afdhal di sisi Nya.
RasuluLlah berkata,’Ali, hendaknya jangan putus berzikir (mengingat) kepada
Allah dalam khalwat (kontemplasinya)’. Kemudian Ali ra. Kembali berkata ,
‘Hanya demikiankah fadhilah zikir, sedangkan semua orang berzikir’. RasuluLlah
berkata,’Tidak hanya itu wahai Ali, kiamat tidak akan terjadi di muka bumi ini
selama masih ada orang yang mengucapkan “Allah” “Allah”. ‘Bagai mana aku
berzikir?’. Tanya Ali. RasuluLlah bersabda, ’dengarkan apa yang aku ucapkan.
Aku akan mengucapkannya sebanyak tiga kali dan aku akan mendengarkan engkau
mengulanginya sebanyak tiga kali pula’. Lalu RasuluLlah berkata, “Laa ilaaha
illallah” sebanyak tiga kali dengan mata terpejam dan suara kjeras. Ucapan
tersebut di ulang oleh Ali dengan cara yang sama RasuluLlah lakukan. Inilah
asal talqin kalimat Laa ilaaha Illallah. Semoga Allah memberikan taufiknya
kepada kita dengan kalimat tersebut”.
Syaikh Abdul Qadir berkata, ”Kalimat
tauhid akan sulit hadir pasda seorang individu yang belum di talqin dengan
zikir bersilsilah kepada RasulluLlah oleh Mursyidnya saat menghadapi sakaratil
maut”.
Karena itulah Syaikh Abdul Qadir
selalu mengulang-ulang syair yang berbunyi : Wahai yang enak diulang dan diucapkan (kalimat tauhid) jangan engkau
lupakan aku saat perpisahan (maut).
dikumpulkan dari berbagai macam
sumber